Cara Mengatasi BeTe saat Sinyal Ponsel Lemah

Signal menjadi instrument yang penting bagi kita saat menggunakan ponsel. Signal yang kuat membuat komunikasi menjadi lancar. Sebaliknya signal lemah membuat koneksi ponsel sering terputus-putus.

Kuat lemahnya signal ponsel dapat terlihat dari bar signal. Namun bar signal hanyalah sekadar salah satu indikator saja dan tidak mutlak benar. Selain bar signal, ada cara lain untuk mengecek kekuatan signal di ponsel.

Cara Mengatasi Sinyal Handphone lemah

Bagi pengguna Android, cukup masuk ke dalam setting, about lalu klik Network. Selanjutnya kekuatan signal akan ditunjukkan dalam satuan decibel miliwatts(dBm).

Sementara untuk pengguna iPhone, cobalah untuk menekan *3001#12345# pada dial pad. Anda akan dibawa masuk kemenu Field Test dan bar sinyal akan berubah menjadi satuan (dBm). Sinyal pada -100 dBm menandakan sinyal kualitas terburuk. Sedangkan angka -70 dBm menandakan kualitas sinyal sudah baik.

Setelah mengecek kekuatan, lakukan beberapa langkah berikut untuk memperkuat sinyal.

1. Buat PETA Sinyal
  • Jika sedang berada di dalam rumah, buatlah sebuah denah rumahmu dalam bentuk sederhana. Nyalakan mode Field Test atau masuk ke Setting untuk melihat indikator kekuatan sinyal. Selanjutnya berjalanlah dari satu titik ke titik lain di dalam rumah untuk mengetahui berapa kekuatan sinyal yang didapatkan disana. Tandai setiap titik di peta. Dengan cara demikian Anda mudah menemukan titik mana saja yang memiliki sinyal kuat. Setiap kali akan menelpon, lakukanlah di titik tersebut sehingga suaranya jernih.
2.  AIRPLANE MODE
  • Pasang Airplane Mode selama tiga detik, lalu matikan kembali mode tersebut. Cara ini akan merefresh koneksi kejaringan operator seluler yang Anda gunakan.Selain itu bisa saja ponsel Anda akan terhubung ke pemancar sinyal yang lokasinya paling dekat. Dengan demikian , sinyal yang dipancarkan dan diterima ponsel akan lebih kuat, suara saat menelpon akan terdengar lebih jernih.
3. Buka JENDELA
  • Bila berada didalam rumah dan merasa suara putus-putus saat menelpon, bukalah jendela dan berdirilah didekatnya. Seandainya suara putus-putus itu terjadi ketika Anda menelpon dari dalam mobil. Lakukanlah hal yang sama, bukalah jendela didekatmu. Dengan cara ini, sinyal yang dipancarkan dari luar bisa ditangkap oleh ponsel tanpa harus menembus penghalang. Apalagi bahan logam dalam body mobil termasuk bahan yang sulit ditembus sinyal seluler.
4. Sudah Cek Baterai ?
  • Kalau SMS atau pesan lain yang anda kirimkan ternyata delay, cobalah cek baterai. Smartphone biasanya akan menerapkan mode penghematan daya saat baterai tinggal sedikit. Mode ini bisa saja memutus sementara koneksi ke jaringan, karena untuk memindah koneksi dari satu pemancar ke pemancar lain memang memakan banyak daya. Nah, kalau ternyata masalah sinyal pada ponsel disebabkan hal ini, cukup charge saja dan semuanya akan selesai.
5. Dekati Pemancar Sinyal
  • Pertama, Anda mesti men-download dan memasang aplikasi Open Signal di ponsel. Aplikasi ini bisa dipakai untuk mengecek ada beberapa menara pemancar sinyal di sekelilingmu. Bila panggilan suara atau pengiriman SMS putus-putus, cobalah cari pemancar terdekat dan berjalanlah mendekat kearahnya. Dengan demikian Anda bisa mendapat sinyal yang lebih kuat, dan otomatis koneksi ponsel mengarah ke satu pemancar itu.
Inilah beberapa cara untuk mengatasi Sinyal ponsel lemah. Semoga dapat menambah pngetahuan Anda dan dapat bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya. baca juga artikel lainnya Kumpulan Kata Kata Galau terbaru.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Mengatasi BeTe saat Sinyal Ponsel Lemah"